SISTEM PEMBELAJARAN

Strategi dan metode pembelajaran yang digunakan selama kegiatan pembelajaran ditekankan pada pendekatan Student-Centered Learning (SCL), diantaranya metode Collaborative Learning (CbL), Problem Based Learning (PBL), Small Group Discussion, Case Study, Role-Play & Simulation, Discovery Learning (DL), Cooperative Learning (CL), Contextual Instruction (Cl), dan Project Based Learning (PjBL). Mahasiwa Program Studi Manajemen juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan untuk meningkatkan soft skill para mahasiswa(i).

Pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung dalam bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar dalam lingkungan belajar tertentu. Proses pelaksanaan pembelajaran pada setiap matakuliah dilaksanakan sesuai Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Kontrak Kuliah dan sesuai dengan penjelasan form perkuliahan pada minggu pertama. Pelaksanaan perkuliahan terdiri dari :

  1. Tatap muka/perkuliahan meliputi : Proses pembelajaran yang dilakukan dosen dengan menggunakan/mendesain metode pembelajaran yang akan di lakukan pada tiap pertemuan tatap muka yaitu dengan pilihan dari jenis metode Student Centred Learning (SCL), a).Kehadiran, b).Evaluasi Mid/Tengah Semester, c).Evaluasi Akhir Semester.
  2. Penugasan Terstruktur/Penugasan Kelompok meliputi: a).Materi Report/MR, b).Tugas Report/TR, c).Jurnal Report/JR, d).Mini Research/MnR.
  3. Penugasan Mandiri meliputi: a). Materi report/MR, b).Tugas Report/TR. d) Penilaian sikap/Attitude meliputi: a). Kedisiplinan. b). Penampilan. c). Kesantunan. d). Kemampuan bekerjasama. e). Kemampuan berkomunikasi. f). Komitmen. g). Keteladanan. h). Semangat. i). Empati. j). Tanggungjawab.

Penilaian hasil belajar dinyatakan dengan huruf, yaitu menggunakan huruf A, A-, B+, B, B-, C+, C, C-, D, dan E sedangkan nilai lulus minimal setiap mata kuliah dan tugas akhir adalah C+.