Belajar & Bermain Ke Rumah Pelatihan Sasirangan “AEPI Kalimantan”

Banjarmasin. Mahasiswa Prodi Sarjana Manajemen yang bergabung di dalam Kepengurusan Himpunan Mahasiswa Manajemen Periode 2021/2022 mengadakan company visit ke Rumah Pelatihan Sasirangan. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa di Rumah Pelatihan Sasirangan berkaitan dengan melesatarikan kakayaan lokal dan belajar metode pembuatan kain sasirangan. Para mahasiswa juga diberi bekal pengetahuan tentang bahan-bahan yang digunakan untuk pewarnaan alami dan Saico Print. Selain belajar membuat kain sasirangan dengan pewarnaan alami, mahasiswa juga belajar membuat sasirangan Saico Print. Saico Print merupakan pembuatan kain sasirangan dengan motif yang dari daun-daunan, bunga atau tumbuh-tumbuhan yang ada di alam. Selain memanfaatkan hasil alam, di Rumah Pelatihan  Sasirangan juga melestarikan tanaman-tanaman yang digunakan untuk pembuatan Saico Print dan tanaman yang digunakan untuk bahan dasar pewarna alami.

 

Mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan. Para mahasiswa membuat kain sasirangan dengan motif-motif yang diajarkan dan combine dengan motif ciri khas dari masing-masing mahasiswa. Mahasiswa bermain dengan imajinasi mereka, motif apa yang akan diciptakan?, warna apa yang diaplikasikan?, tanaman apa yang diperlukan? kemudian menggambarnya di atas kain, menjahit motif, melepas rajutan, proses pewarnaan, pencabutan jahitan hingga hasil akhir.

Company Visit ini tidak berakhir di hari ini saja, namun kegiatan ini akan terus di bina untuk mahasiswa Prodi Sarjana Manajemen, hingga akhirnya mereka memiliki keterampilan dan kecintaan terhadap Produk Lokal. Beberapa motif yang dihasikan oleh mahasiswa akan dan menjadi ciri khas Prodi Sarjana Manajemen akan dilanjutkan dengan pembuatan seragam Dosen dan Mahasiswa Manajemen yang berada di bawah naungan Universitas Sari Mulia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *